Saturday 1 December 2012

Cara cek / membedakan unlock bootloader Xperia

Cara cek / membedakan unlock bootloader Xperia


Bagi yang berniat membeli Android Xperia second/bekas pastinya pengen smartphone bekas incarannya masih bergaransi. Tapi di Xperia sendiri, garansi bisa hilang akibat unlock bootloader. Kalo cuma di root? sepertinya gak ilang garansi seperti di samsung. Di xperia, salah satu yang menghilangkan garansi adalah unlock bootloader atau membuka kunci bootloader. Bootloader di sini termasuk DRM, jika sudah unlock baik lewat jalur resmi maupun testpoint maka HH yang sudah terunlock tersebut tidak bisa menerima update Firmware karena DRMnya hilang/terunlock ( sekedar info, unlock bootloader bisa dilakukan dengan dua cara : lewat jalur resmi & metode testpoint ), tidak bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan sinkronisasi langsung perangkat ke pabrikannya dalam hal ini Sony meskipun di relock / flash FW-kernel sekalipun. Misal Track ID & Update Center.

Keunggulan unlock bootloader sendiri sebenarnya sangat banyak karena setelah terunlock, kita bisa bebas maen kernel, custom rom yang makin dalem (custom rom yang oprek langsung ke jeroan sistem yang mana hanya bisa dilakukan di Xperia yang sudah terunlock) dll. Tapi kita tentu juga tidak ingin garansi hilang gara2 "hanya" pengen ngoprek HH yang sebernya hanya memaksimalkan performa HH & kustomisasi lainnya. So, bagi yang pengen beli Xperia series bekas tapi bingung cara test HHnya apa sudah terunlock apa belum berikut ini salah satu cara yang saya tau. Mungkin agan2 para visitor blog saya punya trik & penjelasan lainnya.

1. Cek apakah Xperia sudah unlock resmi ketik *#*#7378423#*#* pilih service info pilih configuration lihat unlocked bootloader:yes << Berarti HH udah terunlock
2. Cek apakah HH sudah terunlock via testpoint : matikan HH - pencet volum down n colokan hp ke PC (ada aplikasinya sendiri testpoint ane lupa googling aja hehe) - klik identify - lihat loadernya pake "r" kecil berarti udah terunlock.
3. Cara yang terakhir ini agan butuh koneksi internet dari HH yang bersangkutan. Misal agan udah ketemu sellernya nih ya, HH yang mau dijual tadi coba diisi simcard yang masih bisa onlen kalo memang simcardnya dicabut si penjual lalu aktifkan HH-masuk ke aplikasi track id atau update center (masuk ke app itu aja) kalau aplikasi gak ngrespon atau ada notif koneksi error (padahal buat inetan bisa) berarti kemungkinan besar HH yang mo dibeli tadi udah unlock.

Soal mau beli ato engga ya terserah agan, kalo agan emang orangnya modder android, gak pernah klaim garansi alias ga peduli sama garansi HH ya ambil aja gapapa. Tapi kalau agan masih membutuhkan garansi, mungkin trik ini bisa bermanfaat.

Thanks. Mohon koreksi kalau ada kesalahan.

No comments:

Post a Comment